Sejarah Musik Balada
Musik balada
atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan ballada, adalah jenis musik yang
cukup unik, yakni berbentuk narasi. Diawal kemunculannya balada merupakan
sebuah jenis musik yang memiliki karakteristik dari puisi dan lagu populer dari
kepulauan Inggris dari periode abad pertengahan sampai abad 19. Setelah
berkembang cukup pesat di Inggris.
Akhirnya musik balada mulai menyebar ke daerah Eropa lainnya. Kemudian menjamah Amerika, Australia dan Afrika utara. Balada banyak ditulis dan dijual sebagai selembar broadsides. Bentuk ini sering digunakan oleh penyair dan komponis dari abad ke-18 untuk menghasilkan balada liris. Namun memasuki abad ke-19, jenis musik ini lebih banyak memainkan bentuk-bentuk lagu lambat yang bertema cinta. Akhirnya muncullah power ballad pop atau rock.
Nama ballad sendiri ditengarai berasal dari lagu tarian Perancis abad pertengahan yang saat itu disebut ballares. Yakni sebuah tarian balet paling awal. Balada muncul sebagai saingan alternatif dari ballares. Tema dan fungsi ballad saat itu berasal dari tradisi mendongeng skandinavian dan Jerman. Contoh paling awal yang bisa kita lihat untuk mengetahui balada pertama di inggris adalah ‘Judas’ dalam manuskrip abad ke-13.
Musik balada memang tidak begitu booming seperti pop atau rock. Namun musik ini tetap layak untuk dipelajari. Karena mengasah kita untuk lebih kreatif dalam memperkaya musik dan lirik dalam menciptakan syair balada. Bagaimana kita harus menyusun sebuah puisi yang nantinya bisa dijadikan sebuah lagu. Jika anda ingin mendalami musik ini, mulailah dengan beli gitar kemudian berlatihlah petikan-petikan sederhana untuk memulai karir anda sebagai musisi balada.
Akhirnya musik balada mulai menyebar ke daerah Eropa lainnya. Kemudian menjamah Amerika, Australia dan Afrika utara. Balada banyak ditulis dan dijual sebagai selembar broadsides. Bentuk ini sering digunakan oleh penyair dan komponis dari abad ke-18 untuk menghasilkan balada liris. Namun memasuki abad ke-19, jenis musik ini lebih banyak memainkan bentuk-bentuk lagu lambat yang bertema cinta. Akhirnya muncullah power ballad pop atau rock.
Nama ballad sendiri ditengarai berasal dari lagu tarian Perancis abad pertengahan yang saat itu disebut ballares. Yakni sebuah tarian balet paling awal. Balada muncul sebagai saingan alternatif dari ballares. Tema dan fungsi ballad saat itu berasal dari tradisi mendongeng skandinavian dan Jerman. Contoh paling awal yang bisa kita lihat untuk mengetahui balada pertama di inggris adalah ‘Judas’ dalam manuskrip abad ke-13.
Musik balada memang tidak begitu booming seperti pop atau rock. Namun musik ini tetap layak untuk dipelajari. Karena mengasah kita untuk lebih kreatif dalam memperkaya musik dan lirik dalam menciptakan syair balada. Bagaimana kita harus menyusun sebuah puisi yang nantinya bisa dijadikan sebuah lagu. Jika anda ingin mendalami musik ini, mulailah dengan beli gitar kemudian berlatihlah petikan-petikan sederhana untuk memulai karir anda sebagai musisi balada.
5 penyanyi
'balada' indonesia [legend]
Spoiler for iwan fals
Iwan Fals yang bernama lengkap Virgiawan Listanto (lahir di Jakarta, 3 September 1961; umur 49 tahun) adalah seorang penyanyi beraliran balada dan country yang menjadi salah satu legenda hidup di Indonesia.
Lewat lagu-lagunya, ia 'memotret' suasana sosial kehidupan Indonesia di akhir tahun 1970-an hingga sekarang, serta kehidupan dunia pada umumnya, dan kehidupan itu sendiri. Kritik atas perilaku sekelompok orang (seperti Wakil Rakyat, Tante Lisa), empati bagi kelompok marginal (misalnya Siang Seberang Istana, Lonteku), atau bencana besar yang melanda Indonesia (atau kadang-kadang di luar Indonesia, seperti Ethiopia) mendominasi tema lagu-lagu yang dibawakannya. Namun demikian, Iwan Fals tidak hanya menyanyikan lagu ciptaannya sendiri tetapi juga sejumlah pencipta lain.
Spoiler for ebiet
Ebiet G. Ade (lahir di Wanadadi, Banjarnegara, Jawa Tengah, 21 April 1954; umur 56 tahun) adalah seorang penyanyi dan penulis lagu berkewarganegaraan Indonesia. Ebiet dikenal dengan lagu-lagunya yang bertemakan alam dan duka derita kelompok tersisih. Lewat lagu-lagunya yang ber-genre balada, country dan jazz pada awal kariernya, ia 'memotret' suasana kehidupan Indonesia di akhir tahun 1970-an hingga sekarang. Tema lagunya beragam, tidak hanya tentang cinta, tetap ada juga lagu-lagu bertemakan alam, sosial-politik, bencana, religius, keluarga, dll. Sentuhan musiknya sempat mendorong pembaruan pada dunia musik pop Indonesia.
Spoiler for franky
Franky Hubert Sahilatua (lahir Surabaya, 16 Agustus 1953) adalah penyanyi balada asal Surabaya, Indonesia. Namanya dikenal publik sejak paruh kedua dekade 1970-an, ketika ia berduet bersama adiknya, Jane Sahilatua, dengan nama Franky & Jane. Duet ini sempat menghasilkan lima belas album, semuanya di bawah Jackson Record.
Setelah duet ini mengakhiri kerja samanya, karena Jane kemudian menikah dan hendak memusatkan diri pada keluarga, Franky lebih banyak bersolo karier.
Spoiler for gombloh
Gombloh (lahir di Jombang, Jawa Timur, 14 Juli 1948 – meninggal di Surabaya, Jawa Timur, 9 Januari 1988 pada umur 39 tahun) adalah seorang penyanyi Indonesia. Ia dilahirkan dengan nama asli Soedjarwoto Soemarsono di Jombang.
Spoiler for sam bimbo
Raden Muhammad Samsudin Hardjakusumah (lahir di Kuningan, Jawa Barat, 6 Mei 1942; umur 68 tahun atau lebih dikenal dengan Sam Bimbo[1] adalah salah satu musikus Indonesia dari kelompok musik bersaudara Bimbo. Sarjana Seni Rupa ITB lulusan tahun 1968 ini beristrikan Rubaah Samsudin dan kini dianugrahi 4 orang anak dan 1 cucu. Anaknya yang bungsu bernama Asri Dewi Lestari atau Achi SHE adalah salah satu personil grup musik wanita asal Bandung, SHE Band.
Waltz A biasanya terdengar satu chord per bar. Untuk memainkan akar dari akord pada ketukan pertama, catatan atas pada ketukan kedua dan ketiga.
SEJARAH
Nama Waltz berasal dari Jerman walzen verba. Yang menggambarkan karakteristik gerakan memutar atau memutar tarian. Komposer klasik tradisional disediakan musik untuk menari bila diperlukan. French Schubert waltz’s (seorang komponis Austria) ditulis untuk menari di rumah tangga tanpa pura-pura menjadi seni musik. Namun Frédéric Chopin diterbitkan 8 waltz dalam hidupnya. Frédéric Chopin ‘s waltz adalah potongan-potongan panjang moderat mengikuti tradisional 3/4 waktu waltz, tetapi sangat berbeda dari sebelumnya waltz Wina yang tidak dirancang untuk menari tapi untuk kinerja konser. Mereka menandai adopsi dari waltz dan bentuk-bentuk tari lain sebagai genre komposisi serius. Kontribusi terkenal lainnya ke genre dalam musik waltz klasik meliputi 16 oleh Johannes Brahms (awalnya untuk piano duet ), dan Maurice Ravel ‘s Valses bangsawan et sentimentales untuk piano dan La Valse untuk orkestra.
Periode panjang popularitas waltz itu dibawa ke sebuah akhir oleh Perang Dunia Pertama , yang menghancurkan monarki Austria-Hongaria dan budaya Wina yang telah dibina begitu lama. Musik ringan Eropa bergeser dari Wina ke Berlin, dan komposisi oleh komposer memperlakukan tari dengan cara nostalgia atau aneh sebagai sesuatu dari masa lalu. Bentuk ballroom dominan di abad ke-20 telah menjadi waltz lambat , yang naik menjadi popularitas sekitar tahun 1910 dan berasal dari Valse Boston 1870-a
Sejarah Melbourne Shuffle
Melbourne Shuffle (juga dikenal sebagai Rocking sebagai gaya oldskool nya) adalah tarian pujian dan klub yang berasal dari akhir 1980-an di scene musik underground rave di Melbourne, Australia. Gerakan dasar dalam tarian adalah tindakan tumit-dan-kaki yang cepat dengan gaya yang cocok untuk berbagai jenis musik elektronik. Beberapa varian menggabungkan gerakan lengan. Orang-orang yang menari shuffle sering disebut sebagai rocker, sebagian karena popularitas menyeret musik rock tahun 90-an.Melbourne Shuffle adalah gaya tari, yang berasal dari akhir 1980-an dalam adegan Melbourne bawah tanah. Gerakan dasar dalam tarian adalah tindakan tumit-dan-kaki yang cepat dengan gaya yang cocok untuk berbagai jenis musik elektronik. Beberapa varian menggabungkan gerakan lengan.
Sejarah
Shuffle Melbourne adalah salah satu dari beberapa tarian yang muncul selama era rumah asam sekitar tahun 1990. Meskipun asal tepat dari gaya tidak diketahui, itu memiliki kemiripan dengan gaya tari jazz sebelumnya.
Akhir 1980-an hingga awal 1990-an
Shuffle Melbourne mulai muncul sebagai tarian yang berbeda, menggabungkan gerakan tangan lebih dari gaya sebelumnya. Rekaman awal gaya ada dari satu malam di tanggal 31 Agustus 1991 di Sarah Sands Hotel di Melbourne. Techno musik secara bertahap digantikan dengan musik trance dan house music.
Pertengahan hingga akhir 1990-an
Sejumlah video mendokumentasikan gaya selama era ini ada sebagai gaya meningkat popularitasnya. Ada banyak variasi dari tarian ini tapi tumit utama untuk gerakan kaki tetap gerakan kunci memberikan istilah “shuffle Melbourne”.
2000 – Sekarang
Menari kembali gaya untuk lebih “di tempat” dengan gerakan tangan kurang. Titik signifikan dalam evolusi Shuffle Melbourne.
Pada tahun 2006 dengan munculnya YouTube, penari sekarang internasional berkontribusi pada Shuffle online, posting versi mereka sendiri dan belajar dari orang lain.
Musik
Musik yang awal Melbourne shufflers menari adalah rumah musik dan rumah asam di akhir 1980-an. Pada awal 1990, sebagai musik trance menjadi populer, gaya menari berubah menjadi luncuran. Ini mundur ke gaya sebelumnya ketika rumah minimal masuk tahun 2007, musik yang Melbourne shufflers biasanya mendengarkan adalah trans keras, hardstyle, jumpstyle, rumah keras, psytrance, breakbeat, drum dan bass, suku rumah dan Techno. Meskipun gaya tari mengocok dapat dilakukan untuk setiap genre musik, ada preferensi untuk 130-150 bpm hardstyle.
Dancing
Hari ini dikenal sebagai “menyeret” dengan penduduk setempat Melbourne, nama “Melbourne shuffle” telah diturunkan dari DJ luar negeri, pihak penonton, pengunjung dan media mencoba untuk menjelaskan fenomena ini. The Age menyebutnya sebagai tampak seperti “silang antara ayam dan tarian robot menghentak kaki” untuk mata yang tak terlatih, tapi warga setempat telah cukup menyebutnya “shuffle” sejak tahun 1992.
Beberapa penari membubuhi bedak di lantai bawah kaki mereka untuk membantu mereka meluncur dengan lebih mudah, termasuk beberapa spin 360 derajat atau melompat ke dalam gerakan mereka.
Media
Shuffle Melbourne gaya tari tetap relatif bawah tanah sejak kelahirannya di tahun 80-an dan awal 90-an. Istilah “Melbourne shuffle” direkam di media ketika Rupert Sonic Animation Keiller diwawancarai oleh amarah, sebuah musik sepanjang malam acara TV Australia. Pewawancara bertanya Rupert apa gaya yang unik adalah tari dan jawabannya adalah “Melbourne Shuffle”. Pada Desember 2002 The Age, sebuah surat kabar Australia, membuat penyebutan istilah dalam artikel halaman depan, mencoba untuk menggambarkan apa Shuffle Melbourne populer adalah untuk pertama kalinya kepada masyarakat arus utama.
Mengocok telah menyebar ke Malaysia dan ada “Shuffle Kompetisi” yang diselenggarakan di Malaysia. Shufflers telah mengambil bentuk seni mereka dan diri ekspresif gaya tari di luar negeri dan merupakan pemandangan biasa terlihat di pesta rave di Inggris, Jerman, Malaysia dan Thailand. Internet juga telah menjadi faktor dalam penyebaran pengetahuan dan minat shuffle. Sebuah film dokumenter pada topik yang berjudul Melbourne Shuffler berada di produksi selama 2004-2005 dan baru-baru dirilis pada akhir tahun 2005 di DVD.
Melbourne shuffle itu tarian yang mempunyai gaya yang unik, yang berasal dari tahun 1980-a menurut kebanyakan blog hehe..
Gerakan dasar dalam tarian ini adalah tindakan tumit dan kaki cepat dengan gaya yang cocok untuk berbagai jenis musik elektronik yang pada nge-beat. Dengan gerakan lengan untuk menyeimbangkan tubuh dan varian tersendiri agar terlihat lebih unik.
Sejarah
Melbourne shuffle adalah salah satu dari beberapa tarian yang muncul selama era rumah asam sekitar tahun 1990. Meskipun asal gaya yang tepat tidak diketahui, hal ini memiliki kemiripan dengan gaya tari jazz sebelumnya.
kini telah banyak komunitas shuffle dengan gaya tari dan musik yang berbeda seperti Hardstyle, jumpstyle, psytrance, breakbeat, drum dan bass, dan Techno. Meskipun gaya tarian shuffle bisa dilakukan untuk setiap genre musik dengan beatnya sebagai pakuan dari gerakan shuffle.
Disco adalah terkait erat dengan musik radio gaya terkait musik pop yang sekitar 1.975 menjadi independen genre musik itu. Lyrics, melodi dan sering bernyanyi terjadi pada musik disko di latar belakang, danceable, alur , sebuah beat sekitar 100 sampai 120 denyut per menit ( bpm ) dan campuran di latar depan. Masa kejayaan musik disko adalah antara tahun 1976 dan 1979, dia adalah pengaruh besar pada mode , yang semangat dan semangat tahun ini. Yang dihasilkan sejak sekitar tahun 1980, gaya disko dapat memberikan kontribusi pada musik dansa elektronik dihitung.
Kata disko adalah singkatan untuk Discothèque , yang pertama kali muncul dalam bahasa Perancis di tahun 1941. Ada pembicaraan tentang Discothèque, hal itu dianggap sebuah klub malam di mana musik catatan bukan band datang di panggung. Kata adalah Determinativkompositum dari bahasa Yunani disko ("slice") dan thέkέ ("wadah") dan awalnya disebut wadah untuk disimpan dalam disk. (Lihat juga istilah "disco" )
Mid-1960-an di Amerika Serikat dan Eropa Barat ("Swinging London") klub malam populer. Di sini orang-orang muda mendengarkan musik danceable dan catchy saat ini. Itu sangat populer pada awalnya sentuhan yang terpisah gaya tarian dikembangkan, kemudian sering Jiwa - dan Funk musik.
Seperti pada tahun 1969 setelah Stonewall Kerusuhan gay dan lesbian di New York, larangan tari pada pasangan sesama jenis telah dicabut dan mengembangkan kesadaran diri baru di gay dan adegan lesbian, ditembak di klub gay kota dan bar dari tanah di mana awal budaya disko tahun 70-an itu. Di sini pihak yang luas dengan banyak, lebih atau kurang umum, merayakan seks. Sebagai musik adalah campuran dari danceable hard rock saat ini, funk dalam gaya mengkristal James Brown , lembut, mewah diatur Jiwa sub-gaya yang disebut Phillysound dan musik Amerika Latin keluar. Dari awal ini adalah sekitar tahun 1974 gaya yang terpisah dari musik yang telah disebut "Disco".
Menginformasikan gaya, itu adalah DJ dan organizer David Mancuso , yang menjadi tuan rumah partai legendaris Loft di apartemen pribadinya. Di sini tidak hanya bermain untuk pertama kalinya non-stop piring berturut-turut, tapi Mancuso merancang ruangan dengan balon dan unsur-unsur lain dan memperhatikan kualitas suara dan keganjilan dari atmosfer. Para penonton dari loteng tidak hanya terutama homoseksual, tetapi juga campuran kulit putih dan semua etnis minoritas di kota. Titik-titik kunci pertama kali dikembangkan dalam proses pengembangan budaya disko hanya di bawah tanah New York. Untuk 1974-1975 Disco juga di luar tanah subkultur dan New York (atau khusus Manhattan populer).
Keterkaitan menggunakan chorus massa membuat suara disko secara bertahap juga untuk arus utama radio yang menarik, dan ia kehilangan karakter subkultur nya. Jadi dikelola pada tahun 1974 dan 1975, disko pertama hits lompatan ke Charts : Rock the Boat oleh Hues Perusahaan (1974), Rock Bayi Anda oleh George McCrae (1974 terlaris tunggal di Jerman), Kung Fu Fighting oleh Carl Douglas (1974 ) atau Shame, Shame, Shame oleh Shirley & Company (1975).
Ketika perusahaan rekaman mengakui potensi komersial, mereka mulai memproduksi piring yang dirancang khusus untuk disko. Untuk menghibur para penari lagi Maxi-Single (12 ") dan khusus remix oleh DJ dikembangkan. Apapun DJ bermain dalam pengembangan musik disko untuk pertama kalinya dalam sejarah musik pop peran penting. Nya campuran dan memilih urutan di mana ia menutup telepon piring, memutuskan apakah para penari bersenang-senang dan tinggal di lantai dansa. Sebagai bagian dari acara, dia menelepon sering gerakan antusiasme kolektif seperti jeritan atau tangan-on mengangkat dll.
Di Eropa Anda segera terikat dengan tren Amerika yang sukses secara komersial, yang disebut Euro Disco . Di Jerman Pada tahun 1976, antara lain, jalan menuju sukses dari Boney M. dengan Daddy Cool . The Munich-suara dari Giorgio Moroder - ditandai dengan dominasi biola terdengar terus-menerus mengulangi chorus - membawa dunia hits seperti Love To Love You Baby oleh Donna Summer , Fly, Robin, Fly dan Dapatkan Up Dan Boogie Gadis trio Perak Convention sebagainya.
Popularitas disko di dalam tanah di Amerika Utara dan Eropa Barat memuncak dalam film Saturday Night Fever (1977). Plot film ini adalah sekitar gaya hidup generasi disko: Breaking keluar dari kehidupan sehari-hari suram dan menjadi bintang untuk malam. Sementara sekarang memerintah dunia musik pop selama satu tahun atau dua disko, ada ekspresi ketidaksenangan secepat "disco menyebalkan" ("Disco sucks"), dan disko juga diberitahu oleh beberapa untuk mati.
Hanya beberapa seniman berhasil sebagai bintang dari gelombang disko untuk membangun karir jangka panjang tentang genre di luar: Donna Summer itu seperti Barry Putih bintang dunia. The Bee Gees dikelola dengan disko terdengar sangat sukses comeback dan juga berperan dalam keberhasilan Saturday Night Fever terlibat album. Namun, Bee Gees mampu menghasilkan sendiri, fakta yang sangat penting di era disko. Jarang sebelum memiliki produsen kesempatan yang lebih baik dari diri mereka sendiri menjadi Stars: Giorgio Moroder , yang berperan sebagai Donna Summer, The Three Degrees dan Blondie diproduksi dan Frank Farian , siapa yang bertanggung jawab, misalnya, Boney M., di antara tokoh paling berpengaruh dari era disko di tahun 70-an.
Juga tak terhitung jumlahnya pop dan rock bintang seperti The Rolling Stones , Rod Stewart , Ratu , Electric Light Orchestra dan Cher memberikan lagu-lagunya catatan disko-seperti. Inflasi, beat disko diperluas di hampir semua genre bahkan seniman negara seperti Dolly Parton atau hard-rock kelompok-kelompok seperti ciuman mengambilnya dan mampu lebih atau kurang untuk merayakan keberhasilan mereka. Juga ABBA secara khusus dalam mereka 1979 album dirilis Voulez-vous duduk dengan nuansa disko jelas.
Sebaliknya, tetap benar-benar diperhatikan contoh Liza Minnelli album disko Tropical Nights .
Sebaliknya, yang meliput berbagai formasi disco pop dan rock klasik, seperti Neil Young Heart of Gold ( Boney M. ), atau bahkan Beethoven 5th ( A Kelima Beethoven oleh Walter Murphy ).
Disko dipengaruhi gelombang di tahun 1980-an pada musik, termasuk di rumah dan Hi-NRG dengan instrumentasi elektronik ditingkatkan dan penggunaan sampel . Sementara di Eropa pada tahun 80-an Euro disko dan Italo Disco dikembangkan, semakin banyak synth pop datang sebagai jiwa dan funk dari tahun 70-an, terutama di Amerika Serikat R & B populer lagi. Untuk gaya ini kemudian juga menjadi bagian dari memiliki musik dansa dikembangkan. Dengan musik disko yang sebenarnya dari tahun 70-an ini terutama rumah hubungan musik lebih dekat. Hari musik disko yang paling sering digunakan bahasa sehari-hari secara umum untuk gaya musik dansa asal elektronik, yang akan dimainkan di diskotik.
Instrumen khas musik disko, yang berirama gitar , dengan gitar bass , yang piano dan keyboard . Suara disko jelas juga mencakup string seperti biola , cello atau kecapi , alat musik tiup seperti terompet , saxophone , klarinet atau seruling dan drum . Terutama populer, model elektronik maka-muncul, yang disebut E-Drums . Khas dari banyak nomor disko adalah 4/4-time, 1/16-Schläge pada hi-hat , bass drum kontinyu (empat-on-the-lantai) dan berirama sering kompleks, sering sinkopasi , yaitu melawan meter berkelanjutan, garis bass.
The 1/16-Feel sering didukung oleh instrumen lainnya seperti gitar, yang memimpin gitar langka. Keyboards, dan instrumen lainnya akan fungsi terutama harmonis dan terjadi dalam campuran ke latar belakang. Pada tahap akhir dari musik disko, gitar adalah sebagian synthesizer diganti.
Selanjutnya, perkusi peran penting untuk bermain. Drum tangan sangat populer menikmati ( congas ), yang sebagian besar terdengar di latar belakang seluruh potongan. Karakteristik dari beberapa potongan disko adalah interaksi beats terus menerus dari drum dengan instrumen perkusi di bagian menengah, yang disebut "Breaks", yang sering membuat sebagian besar dari sepotong. Dalam "Istirahat" terdiri dari sebagian besar instrumen dan hanya drum dan perkusi terdengar. Sedikit demi sedikit, atau sekaligus mulai bermain lagi semua instrumen.
Gaya orkestra gaya musik disko terutama disebabkan oleh penggunaan sering bersama-sama memainkan tali dan kuningan baris dalam hubungannya dengan naik dan bergema nyanyian atau melalui selingan instrumental panjang bahwa " dinding suara dapat terjadi. " Pada akhir 1970-an, ketika disko suara itu sendiri menjadi independen dan sejumlah satu hit heran melahirkan, menciptakan suara tischerer disko minimalis dengan instrumentasi yang lebih transparan dan mengurangi. Sebagai pelopor dari hal ini adalah, antara lain, kelompok Chic disebutkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar